Beranda Kebijakan Privasi Tentang Kami Kontak Kami

Sabtu, 02 Juni 2012

Xanthomonas oryzae /Kresek

Xanthomonas oryzae adalah penyakit penting pada tanaman padi yang diakibatkan oleh bakteri dan umum disebut sebagai penyakit kresek. Sebaran penyakit ini sangat luas dan menyerang tanaman terutama pada saat stadia generatif. Penyakit ini sering dianggap tidak begitu penting olaeh sebagian petani karena tanaman yang terserang biasanya masih bisa dipanen hasilnya. Beda dengan serangan wereng coklat yang dapat menyebabkan gagal panen dalam waktu serangan yang singkat.

Kerugian yang timbul akibat Xanthomonas adalah kualitas gabah hasil panen yang rendah, hal ini terlihat pada saat penggilingan beras yang dihasilkan benyak pecahnya. Penyakit ini awalnya ditandai dengan serangan di ujung daun yang menyebabkan hawar di bagian tersebut. Pada serangan lanjut, gejala hawar meluas ke daerah pinggir daun. Sementara tulang daun tetap berwarna hijau. 


Turunnya hasil terutama dikarenakan kerusakan pada daun yang menyebabkan fotosintesis berkurang atau bahkan berhenti. Pada malai, pengisian akan sangat terganggu sehingga biji bernas hanya dihasilkan pada ujung malai sementara semakin mendekat ke pangkal akan hampa. Berikut adalah gambar gejala serangan OPTXanthomonas Oryzae :



Pada gambar terlihat bahwa malai masih terlihat hijau sementara daun sudah mengering.


            Untuk pengendalian penyakit ini banyak cara  yang bisa dipakai antara lain :
1. Pemilihan Varietas tahan. Misalnya Cibogo, Mekongga, Walanai atau tergantung rekomendasi dinas terkait setempat.
2. Penggunaan pupuk berimbang.
3. Kurangi penggunaan pupuk UREA.
4. Penggunaan agensia hayati bakteri Coryne bacterium.

Coryne bacterium

Coryne bacterium adalah bakteri antagonis yang khusus diaplikasikan untuk mengendalikan serangan Xanthomonas. Selain itu juga bisa diaplikasikan untuk mengendalikan Downy mildew dan Powdery mildew.

Bakteri ini tidak dijual dengan bebas, namun bisa diperoleh di 
1. Laboratorium pertanian milik pamerintah 
2. Laboratorium milik Universitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar