Beranda Kebijakan Privasi Tentang Kami Kontak Kami

Sabtu, 09 Juni 2012

Jus Bengkuang untuk Sembuhkan Asma dan Alergi


imageSIAPA yang tidak tahu bengkuang. Ya, buah tropis berdaging putih tepung dan bertekstur renyah ini amat segar dan manis jika dimakan di kala hari panas.
Berbagai manfaat terkandung dari buah dari jenis akar-akaran ini. Pecinta pola makan sehat dapat menjadikan buah bernama latin Pachyrhizus erosus ini, camilan di kala lapar. Sebab bengkuang sangat rendah kalori, hanya mengandung 35 kalori per 100 g. Namun bengkuang, tinggi kualitas phytonutrien, seperti serat dan anti-oksidan.

Sejumlah mineral, seperti magnesium, besi tembaga, dan mangan; serta dan vitamin C dan B kompleks dalam bengkuang menjadikannya buah yang baik dikonsumsi.
Budi Sutomo dan dr Gatot Ibrahim, penuilis buku berjudul 'Rahasia Jus Buah Sehat dan Sayuran' menyebutkan, terapi jus buah bengkuang, yang dikombinasi dengan sayuran dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi penderita asma.
Bengkuang yang kaya betakaroten, quercetin, magnesium, dan antihistamin alami; juga dapat mencegah produksi histamin yang memicu alergi.
Untuk memperoleh manfaat bengkuang dalam meredakan asma, siapkan:
250 gram bengkuang, kupas dan potong-potong
100 gram lobak parut, kupas dan potong-potong 
1/4 buah cabai merah, buang bijinya
50 g batang seledri
60 ml air es
2 sdm air jeruk nipis / lemon
3 potong es batu
Cara membuat:
Masukkan potongan bengkuang, lobak, cabe merah, seledri, air es, air jeruk nipis dan sepotong es batu ke dalam blender. Haluskan sampai halus. Angkat. Tuangkan jus ke dalam gelas dan sajikan segera.
Selain bengkuang, buah dan sayuran lain yang bermanfaat untuk membantu mengatasi asma dan alergi yakni; stroberi, nanas, jeruk, jambu biji, pepaya, mangga, belimbing, jeruk, kiwi, rambutan, asam-sop, semangka, melon, pisang, alpukat, tomat, labu, bayam, bayam, kembang kol, lobak, sawi, wortel, paprika hijau, Aloe Vera, peterseli, bawang merah, bawang putih dan jahe.
(Linda/CN33



Baca juga artikel terkait :



Kulit mangga bisa melangsingkan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar