Beranda Kebijakan Privasi Tentang Kami Kontak Kami

Sabtu, 09 Juni 2012

Tiga Manfaat Unik Buah Jeruk



image
BUAH bulat berwarna kuning keemasan dengan rasa manis dan masam yang menyegarkan. Ya, itulah jeruk. Buah yang tumbuh di iklim tropis dan semitropis ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut di antaranya.


Meningkatkan metabolisme
Rutin mengkonsumsi buah jeruk dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sebuah studi Nutrisi dan Metabolik yang dilaksanakan oleh Pusat Penelitian di Scripps Clinic di La Jolla, California, menemukan bahwa mereka yang makan setengah butir buah jeruk sebelum makan selama 12 minggu berhasil menurunkan berat badan hingga 6 kilogram.
"Senyawa dalam buah jeruk membantu pembakaran lemak dan menstabilkan gula darah serta tingkat insulin tubuh," kata Christine Gerbstadt MD, penulis buku Doctor’s Detox Diet. 

Menghaluskan kulit kasar 

Jeruk juga dapat menghilangkan bercak-bercak hitam pada lutut dan siku. "Jeruk sarat akan vitamin C, asam ringan yang membantu memudarkan bercak hitam pada kulit dengan mengurangi kelebihan produksi pigmen kulit," kata Jessica Wu MD, dermatolog di Los Angeles.
Untuk mendapat khasiatnya, potong satu setengah buah jeruk, peras, lalu campur dengan satu sendok teh gula sebagai exfoliant, kemudian oleskan pada kulit Anda. 

Melindungi jantung
Menikmati satu butir buah jeruk sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol "jahat" LDL sebesar 15,5% dan trigliserida sebanyak 27%. Demikian dilaporkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.
Varietas jeruk dengan daging buah berwarna lebih tua, ternyata memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi. Namun, jeruk dapat meningkatkan potensi dari sejumlah obat. Karenanya, dosis tinggi konsumsi jeruk sebaiknya dihindari saat Anda tengah dalam masa penyembuhan.
(Linda/CN33


Sumber : Suara merdeka.com



Baca juga artikel terkait :



Kulit mangga bisa melangsingkan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar